Mengapa Harus Memilih KPR ?



Mengapa Harus Memilih KPR ?

 
Pertanyaan itu mungkin ada di benak Anda saat ini. Secara sederhana, kelebihan KPR adalah Anda tidak perlu lama menabung hingga terkumpul uang sebanyak harga membangun ataupun merenovasi rumah. 
 
Namun, selain alasan tersebut, ada beberapa alasan lainnya mengapa Anda harus memilih KPR sebagai alternatif dalam memiliki properti. Berikut beberapa diantaranya :
  1. Harga properti cenderung naik, dan persentase kenaikannya bisa lebih cepat daripada beban bunga kredit KPR. Sehingga di akhir masa kredit, total yang Anda bayar bisa lebih kecil dari harga rumah.
  2. Uang sewa merupakan ‘uang mati’. Sewa sedikit menakutkan pada jaman sekarang, apalagi sedikit properti yang bisa dimiliki di masa datang, karena harganya cenderung naik.
  3. Anda harus punya tempat milik Anda sendiri. Anda akan mempunyainya, dan mungkin tempat itu akan menjadi tempat tumbuh kembang anak-anak Anda. Bila Anda mewariskannya, properti itu pun akan menjadi tempat tumbuh kembang cucu-cucu Anda.
  4. Anda membayar lebih murah untuk membeli atau merenovasi rumah dibandingkan menyewanya.
  5. Dengan memilih KPR yang bersuku bunga tetap, maka anda akan membayar dengan jumlah yang sama setiap bulannya selama periode tersebut.
  6. Anda membangun ladang emas. Memiliki rumah sendiri dan properti sendiri merupakan aset terbaik dalam financial security.
Untuk  memanfaatkan kredit kepemilikan rumah (KPR) kita dapat  berhubungan dengan lembaga penyalur KPR, untuk memperkirakan besar KPR yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda sehingga upaya memiliki rumah impian akan lebih terarah.
Tips untuk memilih lembaga penyalur KPR
 
  1. Perlu diketahui bahwa lembaga penyalur KPR adalah teman anda! Bukan sekedar tempat untuk meminjam uang. Anda akan berhubungan dengan lembaga tersebut untuk jangka waktu yang lama, yaitu selama jangka waktu KPR. Oleh karenanya anda harus betul-betul dapat memilih lembaga penyalur KPR yang dapat membuat anda merasa nyaman dan anda harus yakin akan pilihan anda.
  2. Buatlah daftar nama lembaga penyalur KPR. Bertanyalah kepada beberapa teman tentang pengalamannya berhubungan dengan mereka. Carilah informasi dari surat kabar atau majalah tentang produk KPR yang ditawarkan.
  3. KPR adalah suatu transaksi yang rumit, namun lembaga penyalur KPR yang berpengalaman dan menjunjung tinggi etika bisnis dan pelayanan, akan mampu menjelaskan hal-hal yang baik dan yang kurang menyenangkan dalam proses KPR. 
 Informasi penting yang perlu diperoleh dari lembaga penyalur KPR
 
  1. Perkiraan besarnya KPR, setelah anda menjelaskan besar penghasilan anda/ istri atau suami, maka umumnya lembaga penyalur KPR dapat memberikan perkiraan besarnya KPR yang dapat anda peroleh. Penting untuk diketahui, bahwa jumlah perkiraan besarnya KPR belum pasti dan masih dapat berubah. Besarnya jumlah KPR yang pasti, akan tercantum dalam surat persetujuan kredit setelah anda secara resmi mengajukan aplikasi KPR.
  2. Tabel angsuran, Lembaga penyalur KPR menyediakan table angsuran. Anda dapat menanyakan cara membaca tabel tersebut agar anda dapat memahami bagaimana cara menggunakannya.
  3. Perkiraan harga rumah yang terjangkau, jika sudah diketahui perkiraan besarnya KPR dan diperkuat dengan perkiraan besarnya uang muka yang dapat anda sediakan, maka sudah dapat dihitung perkiraan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan.
  4. Perkiraan biaya KPR jika sudah diketahui perkiraan besarnya KPR dan perkiraan harga rumah, maka anda juga bisa minta perkiraan besarnya biaya KPR. Dengan demikian anda bisa mengetahui berapa perkiraan dana yang harus anda sediakan di samping uang muka.
  5. Daftar dokumen yang diperlukan, Lembaga penyalur KPR telah menyediakan daftar dokumen / data yang diperlukan sebagai kelengkapan aplikasi KPR, yang akan mereka berikan kepada anda.
  
Memilih produk KPR yang sesuai dengan kemampuan
 
Menggunakan KPR bisa jadi merupakan transaksi terbesar dan yang paling rumit. Tersedianya berbagai jenis KPR, dapat membuat anda bertambah bingung.
 
 Namun demikian, beragam penawaran, bisa juga diartikan terbukanya peluang untuk memilih, asalkan anda tahu apa uang anda cari dan bagaimana mendapatkannya. Informasi berikut ini akan membantuk untuk memilih KPR yang tepat.
 
Tips untuk memilih Produk KPR
 
  1. Angsuran KPR, perbandingan sebaiknya tidak dilakukan terhadap besarnya suku bunga, juga karena bisa saja suku bunga sama, dan jumlah KPR sama, tetapi jumlah angsurannya berbeda.
  2. Suku bunga tetap atau tidak tetap, suku bunga tetap atau fixed. Dengan suku bunga tetap, maka angsuran KPR tidak berubah selama masa KPR. Suku bunga tidak tetap atau floating, artinya tingkat suku bunga bisa berubah tergantung gejolak bunga pasar. Biasanya suku bunga tidak tetap lebih rendah dari suku bunga tetap.
  3. Angsuran tetap, adakalanya lembaga penyalur KPR menawarkan produk “angsuran tetap” yang dapat mengakibatkan jangka waktu KPR menjadi lebih panjang/atau pendek.
  4. Perubahan suku bunga, setiap lembaga penyalur KPR mempunyai kebijakan yang berbeda tentang perubahan suku bunga. Sebaiknya anda menanyakan apakah mereka berhak setiap saat melakukan perubahan suku bunga atau berdasarkan kriteria/atau tolak ukur tertentu.
  5. Menurunnya sisa KPR karena angsuran, pembayaran angsuran yang anda lakukan setiap bulan, terdiri dari komponen pokok yang akan mengurangi sisa KPR. Pada awal masa KPR, komponen bunga akan lebih besar daripada pokok dan selanjutnya komponen bunga akan meningkat sampai KPR lunas.
  6. Pelunasan KPR sebelum waktunya, umumnya lembaga penyalur KPR memberikan kesempatan kepada anda untuk melunasi KPR sebelum waktunya dengan syarat-syarat tertentu.
  7. Biaya KPR, biaya KPR mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi kebakaran, permi asuransi jiwa kredit dll. Biaya KPR harus dilunasi sebelum akad kredit.. http://www.solusirumah.com/artikel/mengapa-harus-memilih-kpr-






Web Design ©Copyright Jaminan BPKB Kendaraan