Cara Cek BPKB Asli Atau Palsu




Buku Pemilik Kedaraan Bermotor ( BPKB ) adalah buku yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor baik itu motor ataupun mobil. Buku ini untuk menegaskan bahwa kendaraan bermotor yang dimiliki adalah milik kita dan bukan barang curian atau milik orang lain. Akan tetapi BPKB sering disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk dipalsukan dengan bermaksud mencari keuntungan ataupun dengan maksud lainya. Oleh karna itu BPKB perlu di cek keaslianya agar pemilik kendaraan tidak tertipu dengan BPKP palsu yang marak beredar di masyarakat.
Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek BPKB yang anda miliki apakah asli atau palsu :
  1. BPKB asli memiliki ukuran 17 x 12 cm dengan sampul buku yang berbahan kulit dan berwarna biru tua dan ditulis dengan tinta warna putih perak
  2. BPKB asli terdiri dari 22 halaman dengan warna dasar keabu-abuan
  3. BPKB asli dilengkapi dengan tanda air (watermark), serat warna-warni tidak kasat mata, dan benang pengaman hologram untuk mencegah pemalsuan.
  4. Cek isi BPKB apakah terdapat perubahan pemilik, keterangan kepabean, pendaftaran polisi, catatan mengenai pelunasan pajak, catatan pejabat polisi lalu lintas, identifikasi kendaraan bermotor, surat keterangan.
  5. Sesuaikan bentuk fisik dengan BPKB motor seperti nomer rangka, nomor mesin, type, nomor polisi, tahun pembuatan,warna kendaraan, tahun pembuatan dan lain sebagainya.

Apabila terjadi keganjilan atau ketidak sesuaian BPKB dengan kendaraan bermotor, maka BPKB tersebut patut dipertanyakan. Anda bisa mengecek langsung ke samsat daerah anda, atau bisa di cek melalui pelayanan online. Berikut adalah pelayanan online untuk mengecek BPKB di beberapa wilayah :
Demikian petunjuk untuk cara cek BPKB Asli atau Palsu, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan pengetahuan tentang beberapa cara mengecek keaslian BPKB sehingga dapat menekan angka pemalsuan BPKB di masyarakat.







Web Design ©Copyright Jaminan BPKB Kendaraan